Manfaat Sedekah untuk Kehidupan Dunia dan Akhirat

Saling tolong-menolong adalah perintah agama yang perlu dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bersedekah kepada orang yang membutuhkan. Mengutip buku berjudul 101 Info tentang Sedekah yang ditulis oleh Ridwan Abqary (2010), sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara ikhlas tanpa ada batasan waktu maupun jumlah tertentu.

Sedekah lebih luas dari zakat dan infak karena tidak hanya dalam bentuk pemberian uang saja, tetapi juga dapat berupa benda, bantuan pikiran, tenaga, bahkan senyum kepada sesama muslim juga termasuk sedekah.

Tidak dipungkiri, pahala sedekah sangat luar biasa besar jika dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap rida dari Allah SWT. Lantas, apa saja manfaat yang diperoleh dari bersedekah? Inilah informasi dan penjelasan selengkapnya mengenai sedekah agar kalian lebih termotivasi melakukannya.

Namun, sebelum mengetahui keutamaan dan manfaat sedekah, apakah kalian tahu sosok bernama Sulaiman bin Abdul Aziz Al-Rajhi? Dia adalah salah satu orang terkaya di dunia yang berasal dari Arab Saudi. Al-Rajhi dianggap sebagai salah satu orang non-bangsawan terkaya dan dermawan paling terkemuka di negara itu.

Sepanjang hidupnya, dia telah menyumbang $16 miliar (60 miliar riyal), jumlah yang dianggap sebagai salah satu dana abadi terbesar yang dibuat di dunia Islam dan belum dapat ditandingi. Dia telah memberikan dua pertiga dari seluruh kekayaannya untuk amal dalam bentuk wakaf dan sepertiga sisanya untuk keluarganya.

Angka tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil karena bersedekah bukan hanya sekadar memberi dan mengasihi saja. Namun, juga membantu saudara-saudara terdekat yang tengah membutuhkan uluran tangan.

 

sumber: https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-sedekah/